Kuliah III

Pelatihan Budidaya Tanaman Herbal dan
Pembuatan Jamu Daun Jati Londo dan Akar Kelembak

Pada tanggal 19 Mei 2019 kami dari PKM-M KAPIWAJA telah melaksanakan Kuliah Herbal III. Kuliah pada kali ini dihadiri oleh ibu-ibu dari kampung Ledok Tukangan. Pada Kuliah Herbal kali ini materi yang kami angkat adalah pelatihan budidaya tanaman herbal dan pembuatan jamu daun jati londo dan akar kelembak.

Teknik pola tanam dibagi menjadi 2 jenis yaitu monokultur dan polikultur. Setiap jenis pola tanam memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pola tanam monokultur merupakan pertanian dengan menanam satu jenis tanaman pada luas tanah tertentu. Kelebihan dari pola tanam monokultur adalah pemeliharaan tanaman lebih mudah. Sedangkan kekurangan dari pola tanam monokultur adalah mudah terkena hama. Polikultur merupakan pola pertanian dengan banyak jenis tanaman pada suatu bidang lahan. Kelebihan dari pola tanam polikultur adalah menambah kesuburan tanah, mendapat hasil yang beragam, dan mencegah serangan hama.

Jamu dari daun jati londo dan akar kelembak memiliki khasiat membantu meluruhkan lemak atau sebagai pelangsing. Jamu yang dibuat dalam bentuk sediaan teh celup. Sediaan teh celup dianggap lebih praktis dan efisien dibandingkan sediaan seduh atau yang lain.