Kuliah V

Tim PKM-M dengan warga Kampung Ledok Tukangan, terutama ibu-ibu paguyuban senam Kampung Ledok Tukangan, secara gotong royong berkolaborasi pada acara “Festival Jamu dan Tanaman Herbal” yaitu program pameran jamu, tanaman herbal, dan modul yang dapat digunakan sebagai pedoman terpercaya. Hal ini dimaksudkan agar penyebarluasan literasi jamu dan tanaman herbal terjadi secara efektif dan menjadi gerbang utama mengenalkan desa Ledok Tukangan pada masyarakat umum yang meningkatkan keefektifan menuju desa wisata secara terintegrasi.

            Pertemuan ini mengarahkan dan membahas keseluruhan persiapan untuk festival yang direncanakan diadakan tanggal 13 Juli 2019. Pembahasan dilakukan dari yang umum sampai mendetail, seperti susunan panitia, rancangan anggaran biaya, desain acara, barang-barang yang dibutuhkan, dan tamu yang akan diundang, agar acara dapat berjalan dengan lancar. Dana dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam acara ini berasal dari dana PKM-M dan swadaya dari warga Kampung Ledoktukangan.

Tolak ukur keberhasilan dari acara ini adalah dikenalnya kampong Ledok Tukangan sebagai “Kampung Pintar Wawasan Jamu” yang dapat menyebarluaskan literasi mengenai jamu dan tanaman herbal dengan tepat(anti hoaks). Keberlanjutan dari program ini diharapkan Kampung Ledok Tukangan dapat menjadi desa wisata dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga.